17 July 2009

Tetap Segar & Wangi Seusai Olahraga

Banyak bergerak seperti saat berolahraga umumnya memang membuat kelanjar keringat lebih aktif. Tapi jangan salahkan keringat. Tetesan air yang keluar dari kulit ini berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh. Jadi, saat suhu tubuh memanas akibat banyak bergerak, keringat dikeluarkan untuk menurunkannya.

Mengapa bau? Sesungguhnya keringat tidak berbau. Tetapi jika keringat tinggal terlalu lama di kulit terutama ketiak dan kaki, bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Akibatnya timbul bau keringat atau bromhidrosis. Gangguan ini lebih sering terjadi pada pria dewasa muda karena kelenjar keringat mereka lebih aktif.
Lebih baik mencegahnya sedini mungkin daripada bau (dan malu) kemudian. Agar tidak dijauhi orang, lakukan tindakan pencegahan berikut:

• Oleskan deodorant. Tapi jangan pilih yang mengandung pewangi, karena akan membuat ketiak kita semakin bau. Jika jenisnya anti-perspirant, mengandung aluminium chlorhydrate yang berfungsi mengurangi keringat. Ingat, tubuh perlu mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu normal tubuh.
• Segera lepas sepatu, kaos kaki, baju, hand band, dan aksesori lain yang terkena keringat. Gantilah dengan pakaian dan sepatu yang bersih. Mandi atau setidaknya hapuslah keringat dengan cara menepuk-nepuk bagian yang berkeringat menggunakan handuk bersih setelah berolahraga.
• Gunakan sabun pembersih, sebaiknya yang mengandung pelembab agar kulit tidak kering. Bila perlu gunakan sabun antiseptik terutama untuk membersihkan daerah ketiak dan kemaluan.
• Parfum dan wewangian sebaiknya tidak digunakan saat berolahraga, terutama olahraga outdoor. Beberapa bahan pewangi dapat menyebabkan gatal-gatal pada orang yang kulitnya sensitif. Dapat pula terjadi reaksi photosintesis yang menyebabkan munculnya noda-noda hitam di kulit. Kenakan parfum dan wewangian lainnya setelah selesai membersihkan diri. Pilih aroma yang segar dan berkesan enerjik sehingga membantu perasaan Anda kembali segar setelah lelah berolahraga. Tapi ingat, semua wewangian tidak akan berfungsi baik selama kebersihan tubuh tak terjaga.

Olahraga membantu mencegah bau badan karena memicu pengeluaran racun dan sisa metabolisme tubuh lewat keringat. Anda juga perlu memperbanyak minum air putih. Boleh juga ditambah dengan melakukan sauna setelah berolahraga. Perawatan khusus sebelum dan sesudah olahraga dengan berbagai perangkat pembersih dan pewangi akan semakin menunjang penampilan Anda. Tidak hanya sekedar sehat, tapi juga bugar, segar dan wangi.

No comments:

Post a Comment