23 March 2009

Tampilkan Bibir Indah & Sehat

Untuk mendapatkan bibir yang sehat, perlu perawatan yang tepat karena kulit bibir berbeda dengan kulit bagian tubuh lain.

Bisa dibilang merawat bibir susah-susah gampang, karena kulit bibir unik.Kulit bibir merupakan peralihan dari kulit biasa yang terdiri dari epidermis, dermis, dan sub kutis, ke kulit yang berada dalam rongga mulut atau mukosa. Kulit bibir bersifat transparan dan tidak mengandung kelenjar minyak, ludah, serta keringat. Akibatnya, kulit di daerah bibir menjadi kering, sehingga mudah terluka, terkelupas, atau tersobek. Kulit bibir juga terlihat lebih merah karena memiliki massa pembuluh dasar di bawah kulit.

Lebih khas lagi, bibir tidak dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari karena tidak memiliki pigmen. Dengan begitu, saat berjemur atau berada di bawah terik matahari, bibir bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Bukan menghitam seperti kulit tubuh.

Karena perbedaannya itulah, maka merawat kulit bibir juga tidak bisa sembarangan, walaupun juga tidak sulit. Berikut ini beberapa tips untuk merawat bibir :
  • Oleskan pelembab bibir (lipbalm atau lipcream) setiap satu atau dua jam.
  • Hindari pasta gigi yang terlalu pedas.
  • Jika akan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, gunakan lipstik yang berwarna gelap, misalnya coklat. Lipstik yang berwarna cerah, seperti merah atau oranye, cenderung bersifat merangsang bila terkena sinar matahari, sehingga menimbulkan reaksi fotosensitif atau alergi akibat sinar matahari.
  • Segera bersihkan bibir dari sisa-sisa lipstik hingga benar-benar bersih. Bisa menggunakan air atau pembersih untuk wajah.
  • Bila ingin mencampur warna lipstik, pilihlah yang bermerk sama. Lipstik yang berbeda merk biasanya menggunakan bahan yang berbeda pula.
  • Bila perlu, gunakan tabir surya untuk wajah.
Selain tahu cara merawat bibir, Anda juga harus mengenal bagaimana menangani bibir yang mulai bermasalah. Biasanya masalah bibir berupa gatal-gatal, meradang, alergi, atau kering.

Bila timbula reaksi seperti tadi, sebaiknya gunakan lipcream dan hindari lipstik untuk sementara. Umumnya setelah beberapa hari bibir akan kembali normal. Jika terpaksa harus memakai lipstik, oleskan pelembab bibir terlebih dahulu agar lipstik tidak langsung mengenai kulit. Namun bila gangguan tersebut terus berlanjut, periksalah ke dokter.

Selama masih bermasalah, jangan gunakan lipstik atau lipgloss yang mengandung mint. Bahan mint yang menempel pada bibir akan memperparah luka. Hindari juga makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

No comments:

Post a Comment