16 March 2009

Think Slim, Lose Weight

Bagaimana cara kerja "psikologi orang langsing" dapat diterapkan pada rencana penurunan berat badan Anda?

Jika Anda ingin langsing, mulailah dengan berpikir bahwa Anda langsing.

Rasa lapar bukanlah sesuatu yang mendesak.
Terapis kognitif, Dr, Judith S. Beck mengemukakan, bahwa orang yang kelebihan berat badan cenderung lebih gelisah mengenai rasa lapar. Mereka berpikir bahwa rasa lapar adalah sensasi yang sangat tidak menyenangkan dan mereka akan sekuat tenaga menghindarinya. Karena rasa gelisah yang sangat besar ini, rasa kenyang mereka berbeda dengan kebanyakan orang. Ini memicu untuk makan berlebihan guna menghindari kemungkinan kelaparan.

Ubahlah definisi rasa kenyang.
Apakah Anda memiliki kegelisahan yang tak sehat tentang rasa lapar?
Apakah Anda makan sangat banyak sehingga setelah itu jadi sulit berjalan? Jika ya, mulai dengarkan apa kata tubuh Anda dan makan secukupnya saja.


Mengidam bukanlah bagian dari rasa lapar.
Pernahkah Anda sadar perut Anda terasa kosong saat melihat sayap ayam goreng yang menggiurkan atau mendengar seseorang menggambarkan kenikmatan kue coklat? Jika ya, bagi orang langsing itu hanyalah mengidamkan makanan. Apa Anda juga demikian?

Jangan selalu percaya naluri usus Anda.
Jika Anda selalu bingung membedakan antara mengidamkan makanan dan rasa lapar, maka selalu lakukan analisa kebutuhan secara cepat sebelum merealisasikan naluri usus Anda. Jika Anda baru saja makan besar kurang dari dua jam yang lalu, Anda tidak perlu untuk menambah lagi.

Belajar untuk menanggulangi stress.
Lakukan segala alternatif untuk menanggulangi pilihan yang tidak menyenangkan. Hadapi masalah, bercerita pada sahabat, berolahraga, atau belajar teknik bernapas dalam. Apapun yang Anda lakukan, jangan makan karena emosi.

Bukan berarti tidak semua atau tidak sama sekali.
Suatu saat kehidupan menuntut yang terbaik dari diri Anda, jadi bukanlah sesuatu yang mengejutkan jika Anda menyalahi aturan dan satu-dua kali menikmati sepiring gorengan. Permasalahan dengan beberapa ketidakberhasilan diet adalah mereka cenderung menjadi perfeksionis tanpa rasa maaf. Saat mereka gagal, mereka lebih berpikir diet mereka tidak berhasil dan menggagalkan program diet, atau membiarkan dirinya memakan apa saja yang diinginkan dalam satu hari dan menjalani diet mereka di hari lain. Coba tebak? Momen keputusasaan dan kelemahan inilah yang membedakan antara ukuran S dan L.

Pikirkan hal yang besar.
Jika suatu hari nanti Anda menyalahi aturan yang ada, berpikirlah bahwa Anda pantas mendapatkan kesempatan langka ini dan janganlah patah semangat. Ingatlah, selama Anda memilih makanan yang sehat sebagai hal yang sering dilakukan, jalan Anda sudah benar.

No comments:

Post a Comment