20 May 2009

Jatuh Cinta

Mengapa Kita Jatuh Cinta?

Pengarang buku Why We Love : The Nature and Chemistry of Romantic Love, Helen Fisher mengungkapkan “Karena hal itu membuat kita kecanduan”. Saat jatuh cinta, otak kita menghasiilkan zat monoamine, yang memberikan perasaan senang, bersemangat, dan bahagia.
Pengeluaran zat ini dikontrol oleh PEA atau phenylethylamine, yang bersifat serupa dengan amphetamine dan dapat menimbulkan kecanduan. “Masalahnya, saat hubungan berlanjut lebih dalam, pengeluaran zat ini berkurang sehingga perasaan senang saat di awal hubungan pun tak ada lagi. Akibatnya, banyak orang yang mengalami serangkaian hubungan jangka pendek karena kecanduan zat ‘cinta’ ini”, lanjut Helen.

Dari manakah Asal Legenda Mengenai Cupid?

Kisah Cupid dan Psyche merupakan salah satu kisah cinta tertua yang dikenal manusia. Kisah ini sebenarnya merupakan bagian dari kumpulan cerita The Golden Ass yang diciptakan Lucius Apuleius pada abad ke-2. Dalam cerita ini dewi Venus yang merasa cemburu pada Psyche yang sangat cantik, mengutus putranya, Cupid, untuk memanah Psyche agar ia jatuh cinta pada manusia yang berasal dari kalangan rendah. Tetapi Cupid malah jatuh cinta dan akhirnya menikahi Psyche yang telah diubah menjadi immortal oleh dewa Zeus. Sungguh materi yang tepat untuk soap opera….

Mengapa Cincin Kawin dikenakan di Jari Manis Tangan Kiri?

Dalam kepercayaan kuno di dunia Barat, diyakini adanya urat nadi tertentu yang bernama vena amoris di jari manis tangan kiri, yang langsung terhubung ke jantung. Urat nadi ini juga disebut sebagai ‘the vein of love’ karena posisinya itu. Hingga kini – walaupun nadi yang ini ternyata tidak ada – tradisi melingkari vena amoris dengan cincin kawin masih dilakukan.

No comments:

Post a Comment