04 April 2009

Agar Kulit Mulus dan Segar

Untuk menjaga agar seluruh kulit tubuh tetap mulus, masing-masing bagian perlu mendapat perawatan khusus.

Bukan hanya kulit wajah yang perlu dirawat, kulit seluruh tubuh pun perlu ‘dimanja’. Apalagi masing-masing bagian tubuh memliki problem kulit yang spesifik, sehingga perawatannya pun berbeda. Secara umum, seminggu atau setidaknya dua minggu sekali, luangkan waktu untuk melakukan scrub pada seluruh tubuh.
Kegiatan ini perlu untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Dan setiap selesai mandi oleskan pelembab. Supaya pelembab bermanfaat ganda, campurkan dengan minyak vitamin E. Selain perawatan yang bersifat umum, Anda juga perlu melakukan perawatan khusus untuk masing-masing bagian tubuh, di antaranya :

DADA

Anda yang senang berolahraga dan memakai sport bra, harus ekstra memperhatikan bagian ini. Setelah berolahraga, tubuh biasanya berkeringat. Akibatnya, daerah sekitar dada akan menjadi lebih lembab. Sedangkan pemakaian sport bra yang terlalu ketat dapat menimbulkan bekas berupa garis tepat di bawah payudara. Hal ini juga kerap terjadi pada Anda yang memakai bra terlalu ketat atau berkawat. Keadaan lembab membuat jamur tumbuh pada daerah ini. Akibatnya kulit akan terasa gatal dan kurang nyaman.
Mengatasinya, gunakan masker berbahan lumpur dan tanah liat (biasa pada label tertulis kaolin atau bentonite). Masker ini dapat menutup pori-pori yang melebar, menyerap minyak, sekaligus mengangkat sel kulit mati.

TANGAN
Bagian ini memiliki sedikit kelenjar minyak dan sering terkena polusi lingkungan. Karena itu cenderung kering dan mengerut. Sering membasuh tangan dengan sabun juga akan membuat tangan semakin kering. Apalagi kalau Anda kerap mencuci pakaian atau piring tanpa sarung tangan.
Supaya tangan tetap lembut, oleskan petrolium jelly (minyak ter) yang dapat melembabkan tangan dengan menahan kelembaban tersebut di kulit. Atau gunakan masker yang terbuat dari lilin parafin.

KAKI
Kulit kaki tidak memiliki kelenjar minyak sebanyak wajah. Karena itu, kulit kaku lebih sering mengalami kekeringan. Bahkan bisa gatal-gatal, bersisik, dan kasar. Kulit kaki juga cenderung lebih sensitif.
Karena itu jagalah kaki selalu bersih dan kering. Setelah mencuci kaki, seka sela-sela kaki sampai kering, lalu oleskan pelembab.

BOKONG
Duduk-duduk setelah berolahraga dengan menggunakan pakaian senam yang ketat, dapat meningkatkan kelembaban di daerah bokong dan paha belakang. Apalagi kalau sehari-hari Anda banyak bekerja di belakang meja. Bokong dan paha belakang dapat berjerawat dan berkomedo.
Karena itu, rawatlah dengan menggunakan masker deep cleansing yang dapat memperkecil pori-pori kulit dan menyerap minyak. Bahan yang digunakan umumnya adalah tanah liat.

No comments:

Post a Comment