30 April 2009

Veganism memang dianggap sebagai bagian dari vegetarianisme. Namun masih banyak istilah vegetarian yang perlu Anda cermati.

Lacto-Ovo Vegetarian : tidak menyantap daging, unggas dan ikan namun tetap makan telur, produk susu dan madu. Ini adalah bentuk vegetarian yang paling populer.

Lacto Vegetarian : adalah seorang vegetarian yang masih mengonsumsi produk susu, dan madu tapi tidak menyantap daging dan telur.

Ovo Vegetarian : vegetarian yang tidak menyantap daging, unggas dan ikan, serta produk susu, namun masih menyantap madu dan telur.

Vegetarian ketat atau Vegan : merupakan seseorang yang hanya menyantap sayur-sayuran namun tidak mengonsumsi daging, unggas, ikan, produk susu, madu dan telur.

Dietary Veganism : lebih ketat daripada vegan. Selain hanya menyantap sayuran, juga tidak menggunakan produk yang menggunakan satwa.

Semi-Vegetarian : vegetarian namun masih menyantap daging unggas dan ikan dalam jumlah kecil.

Pseudo-Vegerarian : mengaku sebagai seorang vegetarian, tetapi sebenarnya bukan.

Flexitarianism : umumnya melakukan diet vegetarian, namun masih memperbolehkan menyantap daging untuk acara-acara khusus.

Pollotarianism : merupakan istilah bagi seseorang yang hanya menyantap daging unggas saja.

Su Vegetarianism : praktik vegetarian yang dilakukan oleh umat Hindu. Mereka tidak menyantap semua produk satwa serta tidak mengonsumsi tumbuhan yang memiliki aroma tajam, seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, serta lobak.

Raw Vegetarianism : merupakan seorang vegetarian yang hanya menyantap makanan yang tidak dimasak, seperti sayuran dan buah-buahan mentah, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Pescetarian : tidak menyantap daging kecuali daging ikan serta makanan laut lainnya.

Fruitarian : adalah seorang vegan yang hanya mengonsumsi makanan yang tidak membunuh tumbuhan tersebut. Seorang fruitarian boleh menyantap apel, karena buah tersebut bisa dipetik tanpa mematikan pohon induknya. Namun ia tidak bisa menyantap wortel karena langsung dicabut sampai ke akarnya sehingga mematikan umbi tersebut.

No comments:

Post a Comment